Sunday, May 16, 2010

Komputer termahal di Dunia yg pernah di buat manusia

Earth_Simulator

  
Pemerintah Jepang memperkirakanpembangunan komputer untuk Earth Simulator memakan biaya sampai $ 400.000.000, sehingga menjadi komputer paling mahal yang pernah dibangun. Anggaran untuk proyek Simulator Bumi diberikan untuk National Space Development Agency of Japan (NASDA) dan Reaktor Daya dan Bahan Bakar Nuklir Development Corporation (PNC) pada tahun 1997, dan NEC Corporation memenangkan kontrak untuk proyek Jepang ini.




Pada Mei 2002, 640 node prosesor superkomputer itu mengacu dengan Linpack memiliki 35,86 TFlop / kinerja. Ini memberikannya tempat teratas dalam daftar TOP500 Supercomputer Situs, sampai 2004 ketika IBM BlueGene / L supercomputer berlangsung dengan menggunakan suatu arsitektur yang kurang dari setengah biaya sebanyak untuk melaksanakan.
Setiap node prosesor dalam Earth Simulator berisi prosesor 8 vektor berjalan pada 500MHz dengan 16GB memori bersama, dan memori utama total di mesin adalah 10 terabyte. Sistem operasi yang berjalan pada superkomputer adalah NEC OS berbasis UNIX yang disebut "SUPER-UX" yang digunakan pada NEC SX Seri superkomputer.
Komputer mahal ini digunakan untuk berbagai proyek internasional, yang kebanyakan berhubungan dengan atmosfer, iklim, dan oseanografi.

 Sumber : Tips.Tricks

No comments:

Post a Comment