Monday, May 10, 2010

Software 'Pembaca' Emosi Manusia

Share

HAIFA - Pengembang software Israel, eXaudios telah mengembangkan software komputer yang mampu membaca tingkat emosi manusia. Peranti lunak itu menganalisa suara manusia lewat ponsel dan mengubahnya menjadi kode untuk mengetahui emosi seorang pengguna ponsel.

Beberapa perusahaan di Amerika Serikat juga dikabarkan telah menggunakan sistem di pusat-pusat layanan pelanggan mereka. eXaudios bahkan melakukan pengujian menggunakan perangkat lunak dalam mendiagnosa kondisi medis seperti autisme, skizofrenia, dan penyakit jantung bahkan kanker prostat.

"Ketika agen call center berbicara dengan pelanggan melalui telepon, mereka biasanya fokus pada konten dan tidak intonasi, kecuali pelanggan berteriak," kata Yoram Levanon, Presiden dan CEO eXaudios seperti dilansir ABC, Selasa (11/5/2010).

Ketika seorang agen telah mengetahui kondisi seorang pelanggan melalui software maka hasilnya mereka akan berusaha untuk menjaga emosi pelanggan dalam pembicaraan yang hangat.

Sejumlah perusahaan yang menggunakan layanan call center, tentunya akan membutuhkan beragam taktik untuk mendekati   pelanggan, tergantung pada kebutuhan perusahaan.

Selain itu, program ini bahkan dapat memprediksi kapan pelanggan akan mulai berteriak-teriak sampai satu menit sebelum hal itu terjadi, kata Magnify's SVP of Business Operations, Alon Klomek.



Sumber : Okezone

No comments:

Post a Comment